Minggu, 07 April 2013

PPL-pun Berakhir

Postingan gue kali ini adalah  lanjutan dari postingan gue sebelumnya.  Yang belom baca bisa dilihat Disini

Masa PPL yang gue jalanin selama seminggu kamaren bener- bener membuat gue sadar betapa indahnya ngumpul bareng  temen- temen  gue yang gaul- gaul.  Ada yang hobinya tidur dari pagi sampe pulang, nonton drama korea, sampe ngemil tutupan bolpen.  Itu semua   bentuk kegaulan mereka. 

Banyak moment yang gue kangenin selama PPL di SMA PGRI 3.  Diantaranya itu, gue bisa numpang boker di WC yang kerennya mendekati standar nasional, guru- guru yang sabar melayani kami semua selama proses pencarian data, dan gak lupa juga buat semua orang yang masih betah ngejomblo sampai sekarang.  Tetep sabar ngejalanin hidup ini, guys.

Kadang kalo lagi bosen dudukan di mushalla, gue ngisiin waktu kosong buat nonton siswa yang lagi maen bola.  Kebetulan banget letaknya dilante dua.  So, gue bisa menikmati permainan mereka dengan gak lupa  mulut sambil monyongin sedikit kedepan, siu-siul manggil angin.

Yah, pemandangan yang selalu gue lihat tiap hari.  Tapi ada yang aneh disana, secara siswa yang lagi  maen itu punya tampang yang sangar, tapi sayang bolanya warna pink.  Ini bener- bener memperkosa kejantanan mereka.  Gue yang juga diakui kejantanannya ngerasa turut prihatin.  Mau dibawa kemana harga diri mereka sebagai lelaki.  Walopun gitu mereka tetep semangat maen.  Salut.

Diantara gue sama temen-temen yang ditempatin  di SMA PGRI 3, ada beberapa yang bener- bener serius selama seminggu ngejalani PPL. Dan gue bukan salah satunya.  Bila dipandang dari kaca mata gue, dari semua peserta yang satu tempat PPL sama gue, anak jurusan bahasa inggris paling aktif menjalankan tugasnya.  Disaat yang lain asik ngobrol di mushalla, mereka malah tetep sibuk.  Bener-bener calon guru yang baik.

Gue sih seneng aja,  Secara, untuk laporan PPL nanti dibuat dalam bentuk kelompok, bukan induvidu.  Jadi tentulah gue yang kerjanya seputar masalah kunci, mulai dari kunci mushalla, kunci WC, sampe kunci baju, cukup beruntung.

Diluar dugaan, ada satu temen gue yang ternyata  punya misi lain selama ngejalanin PPL. Namanya, Eva.  Awal kenal ini anak gue gak nyangka sama sekali dia itu bergerak dalam bidang Multi Level Marketing ato disingkat  MLM.  Tapi setelah ngelihat gelagatnya selama bareng sama gue,  gue udah curiga dia punya keahlian dalam bidang yang laen. Ditambah lagi si Eva ini paling jago ngedeketin anak-anak SMA yang sedang berada dimasa yang katanya paling indah selama belajar.  Jadi gak heran dia pinter ngerayu.

Ini dia penampakannya


Yap! tuh anak disela-sela kesibukan PPL sempet- sempetnya jelasin tentang seputar MLM.  Jelasin sana- sini tentang kesuksesan MLM.  Katanya ada yang dalam waktu 5 bulan bisa lansung beli mobil, bisa beli rumah juga.  Disamping itu direkening tetep masuk uang tiap hari.  Kurang gaul apalagi coba?

Ngedenger penjelasan dia, gue hanya menganggukan kepala sambil bilang “Oh..Hmmm..Oh..Hmm”
Yang gue salut adalah, kemanapun dia pergi tuh anak tasnya selalu berisi buku MLM.  Termasuk saat PPL.  Jadi entar kalo ada yang tertarik, dia lansung ngeluarin semua buku MLM dari tasnya itu.  Keren banget.

Dan hasilnya adalah salah satu temen gue tertarik sama penjelasan dia. Tentu saja kesempatan ini  lansung dimanfaatin sama Eva.  Jurus andalannya pun dikelurkan.  Seketika itu juga dia lansung suruh cobain  produk milik MLM.  Sebelum dia nyuruh minum tuh obat, gak lupa jelasin sana- sini aturan pakainya.  

Katanya bisa nyembuhin banyak penyakit.  Mulai dari struk ringan sampai berat, bisa tahan lama diatas ranjang bagi yang udah nikah.  Bisa nyembuhin kanker, paru- paru, dan masih banyak lainnya. 
Dulu sih gue sempet jadi bagian dari bisnis ini, tapi setelah mengetahui seluk- beluknya gue jadi urungkan niat gue buat ikut lagi.  lagian gue belom pengen jadi orang kaya sekarang, mending nikmati dulu masa kuliah yang hampir habis ini.  Sebagai temen yang baik dan betah ngejomblo, gue doain semoga elo jadi pebisnis yang sukses yah, Va.  Dan mudah-mudahan bisnis yang elo jalanin sekarang gak kayak yang gue alamin dulu.  

Lanjut..
Hari terakhir gue PPL itu rasanya cukup lega.  Yah, itu artinya sebentar lagi gue balik ke kampus.  Bisa ketemu lagi sama temen gue yang gaul- gaul di kampus, sekedar ngumpul bareng buat certain masalah yang penting ataupun gak penting sekalipun.  Masalahnya pasti bisa ditebak, yah paling gak jauh- jauh  ngomongin seputar pengalaman selama seminggu ngejalanin  PPL.   Tapi disisi lain tugas yang udah numpuk sedang bersiaga merenggut waktu santai gue nantinya.  Bayangkan, setelah ini gue harus ngerjain laporan yang tebalnya sanggup bikin otak gue kriting.  Tapi gak papalah, jadi mahasiswa emang harus kayak gitu.

Oh yah, rencananya hari terakhir gue PPL itu ada acara perpisahan kecil- kecilan gitu.  Biar ceritanya itu ninggalin kesan yang bagus.  Buat modus juga biar pas PPL 2 nanti susananya lebih akrab dari yang sekarang.  Sebenernya sih ini hanya ide dari kami semua, padahal dari kampus ataupun dari sekolah gak diwajibkan.  Tapi gak papalah, lagian udah  terlanjur nyiapin makanan juga. Kan sayang kalo gak jadi.

Waktu terus berjalan, gak terasa udah jam 12. 15 aja, itu artinya acara perpisahan akan segera dilaksanankan.  Gue udah deg- degan, bingung  mau ngomong apa entar.  Apalagi temen- temen nunjuik gue  yang ngomong pas acara perpisahan dilaksanakan.

Ini dia penampakannya

Itu gue lagi sibuk merangkai kata,.

Singkat cerita PPL 1 atau pengenalan sekolah yang berlansung selama seminggu udah berhasil gue lalui.  Gue seneng banget bisa menjalani PPL bareng temen- temen gue yang kece abis.  Gue juga seneng ditempatin di SMA PGRI 3.  Gue sangat berterima kasih atas pelayanan yang kami dapat selama ngejalanin PPL.  Baik itu dari kepala sekolah, guru beserta pegawai, dan tak lupa juga buat tukang parkir yang selalu tersenyum.  Begitu juga buat siswa- siswi  yang berada disana.  Harapan gue, semoga pada saat PPL 2 nanti kami semua bisa menjadi sosok guru  yang kalian banggakan.

Oh iya, gue pernah curhat sama salah satu siswa yang ada disekolah itu, katanya tahun lalu mahasiswi dari kampus gue yang PPL di SMS PGRI 3 juga sampe nagis- nangisan didepan kelas gara- gara pas dia ngajar gak dihiraukan sama sekali oleh siswa yang ada disitu.

Gue lansung  shok waktu dia ngomong kayak gitu depan gue, tapi seenggaknya itu sebagai himbauan dimana gue harus mempersiapkan dengan matang pada saat PPL 2 nanti,  baik dari segi penyampaian materi pelajaran, mental, ataupun hal lainnya.  Semoga kejadian nangis- nangisan didepan kelas yang kakak tingkat gue alamin, gak akan terjadi sama gue nanti.  Amin.

Biar kelihatan gaul, pamer poto dulu


Tebak, gue sedang ngetawain apa?

Udah, gitu aja.  Jangan lupa komentarnya yah..

 

46 komentar:

  1. hah, PPL cuma seminggu doang??? aku 1 semester -______-

    temenku bejilbab semua yaa..hehehe, cie si ketua sedang merangkai kata perpisahan...:D
    tapi masa sebentar banget cuma seminggu sih ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini PPL 1 kakak, pas PPL 2 entar baru lama.

      yah gitu deh

      Hapus
  2. itu PPL atau ngapain rob kok cepet banget? belum ngajar kan yak?
    entar ada sesion 2 gitu?
    udah kaya master chef aja lo ..

    btw,, bahaya tuh deket sama anak MLM, dia bisa meracuni otak lo dengan janji-janji surganya...
    gue udah trauma sama anak-anak MLM... -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah Dotz belom ngajar, entar pas PPL 2 baru deh ngajar.
      Lo kenapa ngotot sama gue, ini bukan gue yang ngatur.

      Gak bakal diracuni kok Dotz, soalnya dulu gue pernah ikut. Jadi gak terjerumus lagi.

      Hapus
    2. ya anak2 MLM berbahaya,,,wkwkw

      Hapus
  3. lahjhh PPL kokk singkat banget bang. gak sampe nunngu jengot lu tumbuh, terus lu cukur lagi, tumbuh lagi gituuu>>>>

    namanya aja Marketing. pengumbar 1001 janji bang, bahayaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Yam, jenggot gue sekarang udah tumbuh lagi kok.

      Haha.. mudah-mudahan lo gak pernah jadi korban janji manis itu,.

      Hapus
  4. rada heran jga,PPL nya kok cuma seminggu doank..
    mau tnyain itu seh..syukur udah dijwab..

    BalasHapus
  5. aaak, baca postingan ini berasa pengen cepat PPL juga,
    eh tapi biasanya kan PPLx satu semester, cepat amatt yakk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. baguslah kalo gitu

      Tuh diatas udah dijawab.

      Hapus
  6. ADUH ABANG ROBI .....
    ITU GAK BANGET DEH TEMEN LO SEMPET2NYA PROSPEK MLM .
    MELIA NATURE KAN PASTI ?? ADUH PLEASE BANGET SAMA ORANG KAYA GITU ..


    SODARA GUE UDAH ADA YANG IKUT MLM.
    UDAH NGAMBIL MOBIL PALING MAHAL .
    EEEH MOBILNYA DITARIK GARA2 GABISA BAYAR CICILAN :D MALANG BANGET KAN ?? HAKAKAKKAAKAK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha

      Kasian banget sodara lo, kenapa gak ngambil yg murah aja biar lebih irit.

      Hapus
  7. ini PPL apa lari sprint ? cepet banget

    sampe sekarang saya masih mikir, kok ada ya bola warna pink ?
    itu bola apa daleman ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca judulnya aja,.

      Ada, bola plastik yang sering jual dipasar itu, yg harganya lima ribuan

      Hapus
  8. apa cuman seminggu? cuman seminggu?
    uehee mudah mudahan pengalamannya berharga ya :D

    BalasHapus
  9. gue doang yang ga ngerrti ppl di setiap postingan tentang PPL kwkw

    BalasHapus
  10. iya,,PPL kok bentar bang,,hihi...
    dapet pelajaran apa nih? jnagna bilang tentang MLM...:D

    BalasHapus
  11. aku blm PPL bang Nus :D hihi,
    btw seragamnya kok gt bgt, kyk SPG :p

    fyi, saya pelaku MLM loooh.
    mau di prospek?
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lo semester berapa emang, San?
      Itu udah aturannya, gak boleh dilanggar

      Oh yah? Gimana, sukses bisnisnya?
      gak deh,hehe

      Hapus
  12. wah...smangat bnget nyritainnya...jd inget masa2 smk dlu...

    oya..masalah MLM ampun dah, gua gak mau lg....

    BalasHapus
  13. pertanyaannya masih sama, dapet pacar gak setelah PPL?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, gak sukses dong acara PPLnya. harusnya sepulang PPL jg dapet pacarlah,.....

      Hapus
    2. gak sukses dapet pacar aja,.

      Hapus
  14. Wah pada nyeritain PPL nih..
    Jadi ada PPL 1 minggi ya? PPL 2 nya kapan?
    Kalo jurusanku, PPL 1 nya selama 1 semester, praktek ngajar di depan mahasiswa. 1semester selanjutnya baru deh PPL disekolah. #gak nanyak

    Btw lu semester brp rob?

    Ih enak bgt laporannya kelompok. Gw individu. Tebbalnya naudzubillah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. PPL 2 pas semster VII nanti,.,

      Semester VI kakak

      Pas PPL II laporannya baru induvidu, sekarang masih kelompok.

      Hapus
  15. ooh ada PPL 1 dan 2 gitu ya..

    untung saja rob lo udah tobat jadi bagian MLM..haha
    bersiap2lah meghadapi PPL sebenarnya..harus siap untuk tidak diperhatikan saat ngajar. itu resiko. janga ikutan nangis ya rob kalau ga diperhatikan..wkwkwk

    jadi PPL 2 nya masih disekolah yang sama atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul

      Haha
      Nih gue lagi siap2 bang,

      yah, masih disekolah yang sama.

      Hapus
  16. elu ngetawain dada teman lu kan?? wkwkwk
    oohh ada PPL 1 PPL 2 juga ya, ditempat ku gak ada begitu loh -___-
    semoga sukses selalu ya PPLnya n gak nangis2 depan kelas juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah

      kayaknya cuma dikampus gue doang
      Amin

      Hapus
  17. kakak kakak... PPL tuh apaan?
    Mungkin baru pengenalan dulu kali tuh, baru seminggu aja udah kangen temen-temen gimana kalo sampe satu semester?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Praktik Pengalaman Lapangan, adek.

      Temen2 gue emang gaul-gaul, pantas dikangenin

      Hapus
  18. Duuu..enak gila PPL seminggu doang. Saya juga mau itu. Hehehe. Betewe,,,PPL ada sambungannya juga y ntar? Kaya sinetron aja deh.

    Ya udahlah. Moga dapat pembelajaran bermakna dan terus semangat untul PPL 2 nya:D

    BalasHapus
  19. Keren, PPL-nya, meski ga semangat buat ngajar. Wah, calon guru ya.... Congratsssss

    BalasHapus
  20. hahaha elu korban MLM ya rob, duh gimana pun iming2nya jangan percaya deh. walaupun ada buktinya itu pasti kerjanya berat banget. ini PPL baru bagian pengenalan aja ya ? belum ngajar? gue gak kwatir elu nangis pas ngajar nus. tapi gue kwatir anak2 yang malah nangis diajar sama elu :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu Yog.

      Betul.
      Gue ajarnya pake perasaanaa kok Yog, gak maen kasar gitu. Haha

      Hapus
  21. cieeee yang udah selesai PPLnya hihiiihi

    gimana jadi idola cewek2 di sekolah gak kamu rob?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...

      2 yg doyan sama gue... yg jadi2an.

      Hapus
  22. Gan, temen lo yg tidur dari pagi sampe pulang itu gaulnya kebangetan. Gue jadi ragu calon guru kayak gini modelnya. Hahaha

    Gue takut entar malah muridnya ikutan tidur :(

    BalasHapus

Siapapun boleh komentar di blog gue, yang penting tidak melanggar norma kesopanan