Selasa, 31 Desember 2013

Palangka Raya



Pertengahan tahun 2009, tepatnya  setelah  tamat SMA, gue memutuskan untuk merantau di Banjarmasin. Yah, dari kecil gue emang pengin banget suatu saat merantau.  Selain karena kakak gue, usia bokap yang semakin tua juga salah satu faktor yang mempengaruhi. Karena secara otomatis beliau gak sanggup lagi membiayain sekolah gue kejenjang yang lebih tinggi. 

Selain alasan diatas, gue emang pengin  ngerasain sendiri gimana susahnya mencari duit.  Dan ngerasain gimana rasanya jauh dari nyokap dan bokap.  Selama ini gue hanya mendengar dari orang- orang di kampung tentang kesuksesan yang mereka raih setelah merantau.

Sampe saatnya tiba, kakak gue jemput lansung di kampung. Gue masih inget, waktu itu gue naik kapal Tilong Kabila.  Dalam perjalanan gue baru tau ternyata porsi makanan yang disediain di kapal itu dikit banget.  Sampe- sampe jatah makan yang seharusnya di makan sama kakak gue, malah gue yang ngabisin. Maklum, perut gue belom terbiasa.  Perut gue masih kampungan.  Gak bisa adaptasi sama sekali.  Kedengarannya malu- maluin, emang.

Singkat cerita, gue nyampe di Banjarmasin.  Salah satu kota yang dari dulu terbayang- bayang dalam pikiran gue.  Kesan pertama setelah berada di Banjarmasin adalah cepet- cepet buka baju.  Yap! ternyata hawanya panas banget disisni.

Seperti  yang sering dilakuin banyak orang, hal yang harus dilakuin terlebih dahulu ditempat perantauan adalah belajar jalur.  Ditemani sama kakak gue tentunya.  Gue mencoba muter- muter keliling komplek selama beberapa kali, lalu gue ngambil kesimpulan  "Ah, udah hapal" kata gue dalem hati.  Begitu gue coba sendiri, lansung nyasar.  Parahnya lagi ternyata dari tadi gue cuma  muter- muter keliling dapur rumah gue sendiri.  Gue sama sekali gak bisa bedain dapur rumah sendiri sama yang laen.  Bentuknya sama sih, gue jadi susah bedain.

Waktu terus berjalan, dan gak kerasa udah sekitar empat bulan gue berada di Banjarmasin.  Banyak hal yang gue belajar selama durasi waktu selama itu.  Misal, gue gak nyasar lagi dikomplek gue sendiri.  

Selama itu juga gue belom dapet kerja.  Hari- hari gue ngelewatin begitu aja.  Memandang temen- temen yang pergi kerja tiap hari.  Melihat dompet mereka yang selalu kenceng pas diawal bulan.  Sementara gue hanya bisa menatap dan menatap.  Gue jadi bosen melihat pemandangan yang sama.  Akhirnya waktu itu gue coba ngelamar kerjaan dan lamaran gue sukses…Ditolak.  Gue nelen ludah.
Gue coba ketempat yang lain.  Gue yakin masih ada yang mau nerima gue.  Gue kemudian kasih lamaran, dan menunggu kabar apakah gue diterima ato ditolak.  Seminggu, dua minggu, gue terus menunggu, dan ternyata gue ditolak lagi.  Parahnya, kejadian itu berulang berkali-kali.
Gue hampir  bosen saat ditanya orang- orang sekitar yang baru kenal 
"Kerja dimana, Dek?" Dan gue menjawab dengan pelan "Belom kerja, Pak" Hampir tiap hari gue ngalamin hal yang sama.  Dan semua itu bikin gue… Eneg.

Belom lagi kalo misal gue bergaya dikit, lansung dikatain sama tetangga "Belom kerja aja udah blagu"  lagi- lagi gue cuma bisa nelen ludah.  Yah, susah emang kalo hidup masih numpang, sok bergaya.
 
Sampe suatu siang kakak ipar gue mengajak ke Palangka Raya.  Gue lansung menyetujui tawaran dia.  Siapa tau aja disana gue bisa dapet kerjaan.  Pikir gue waktu itu.  Sore harinya kami berdua berangkat ke Palangka Raya.  Niat gue jelas: cari kerja.  Gue udah bosen nganggur mulu.   Soalnya hidup dikota kalo gak punya kerjaan itu semuanya serba gak enak. Pengin membeli sesuatu, gak punya duit.  Pengin pacaran, gak punya bensin buat jalan. Pengin gaya- gayaan, mau pake duit dari mana.  Pokoknya gak enak deh.
 
Gue inget banget jaman gue masih dikampung dulu. Hari-hari gue ngelewatin begitu aja.  Gak ada sama sekali kegiatan yang bermanfaat.  Itu makanya gue memutuskan untuk merantau.  Gue terinspirasi sama tetangga gue yang sukses setelah ngerantau. Tapi begitu gue nyampe ditempat perantauan, Banjarmasin, ternyata cari kerjaan itu lebih susah dari sekadar ngelupain mantan…gebetan.

Nah, biar gue sedikit terhibur akhirnya gue mencoba untuk cari pacar. Tapi sebelum gue ngelakuin itu, keburu bingung siapa gerangan yang bakal mau jadi pacar gue.  Cewek- cewek pasti pada mikir gimana kalo pacaran entar, mau biayain pake apa.  Secara, biaya pacaran hari gini kan mahal.  Belom lagi kalo mereka menilai dari segi tampang.  Gue udah gak layak lagi disebut cowok jelek, layaknya disebut jelek banget.  Udah gitu gak bermodal pula.  Itu gak gaul banget kan? semua prasangka itu terus merasuk pikiran gue. Salah satu kemungkinan yang paling mendekati  kelayakan adalah pacar sama tetangga.  Dengan pertimbangan, gak perlu ongkos buat jemput, gak matre, dan tentu saja gak cantik.
***

Hari itu adalah hari kedua gue berada di Palangka Raya.  Badan gue pegel- pegel.  Gue bangun sekitar jam sembilan pagi.  Maklum, penganggur.  Begitu gue udah bangun, suasana rumah sepi.  Kakak gue udah berangkat kerja, dan tinggalah gue sendirian tanpa teman. Biar kelihatan sedikit ganteng, gue lansung mandi, gosk gigi dan gigit jari.

Untungnya dirumah ada gitar.  So, satu- satunya yang bisa nemenin gue adalah gitar itu.  Biar lebih gaul, gue memilih duduk depan pintu, hitung- hitung sambil cuci mata.  Kali aja ada bidadari dari negeri sebelah tiba- tiba ngajak gue kencan.  Kan lumayan. 

Gak lupa gue bikin segelas kopi, terus duduk santai depan rumah.  Sontak, mata gue tertuju sama sosok cewek yang sedang menyapu halaman rumahnya. Rambutnya dibiarkan terurai begitu indah.  Rupanya cewek itu yang bakal jadi tetangga gue. 

Gue sedikit bingung sama sosok cewek itu.  Gue sempet mikir apa dia penganggur juga kayak gue? atau mungkin dia lagi cuti dari kerjaannya?   Atau mungkin juga dia hanya sebagai ibu rumah tangga?  Ah, gak mungkin.   Dari raut wajahnya sepertinya dia belom menikah.  Waktu terus berjalan, dan hari itu mata  kita berdua sempet ketemu.  Yah, tepatnya karena gue yang terus memperhatikan dia.  Akhirnya berpandangan deh.
 
Keesokannya…
Gue bangun dijam yang sama. Duduk ditempat yanag sama. Dengan segelas kopi dan suara gitar yang mecahin keheningan yang ada.  Hal yang sama yang gue rasain kemaren, melihat cewek yang sama, cuma dihari yang berbeda.  Gue masih terpaku sama sosok dia yang jadi tetangga gue.  Semakin lama gue semakin penasaran, pengin mengenal dia lebih deket lagi.  Karena penasaran itu, akhirnya gue tanya ketemen- temen yang laen.  Setelah diselidiki, belakangan diketahui ternyata namanya, Eka.
 
Karena gue udah tau namanya, gue mulai deketin dia.  Gue mencoba untuk sesekali duduk bareng, ngajak ngobrol, dan hal lainnya.  Dan yang mendukung itu semua adalah nyokapnya  sendiri.  Yap! secara Nyokapnya  hobi nyanyi, sementara gue bisa maen gitar.  Perpaduan yang cocok banget untuk menjaga hubungan yang baik antar tetangga.  Gue masih inget kesan pertama nyokapnya setelah dia tau gue bisa maen gitar 
 
"Sering- sering maen kesini, yah!"  katanya pelan, sambil menyodorkan minuman buat gue.  Gue jadi ngerasa deket banget sama mereka.  "Yah, Bu"  jawab gue singkat.

Hari- hari selanjutnya gue gak segan  lagi ngumpul bareng Eka dan nyokapnya.  Pokoknya kalo udah jam empat sore, Eka lansung manggil gue lewat jendela.  

"Rob.." panggilnya sedikit keras "mama pengin nyanyi tuh" lanjut Eka sambil menutup kembali jendela tadi.  Ototmatis gue lansung  mengiakan permintaan itu, apalagi setelah gue tau gorengan udah disiapin diatas meja.  Wow, keren banget.

Waktu terus berjalan, dan gue tetep belom dapet kerjaan.  Padahal kakak ipar gue udah berusaha sekeras mungkin cari lowongan buat gue.  Tapi emang dasar rejekinya belom ada, semua lamaran yang pernah gue kirim, ditolak.  Tiba- tiba teringat satu temennya yang dulu pernah satu tempat kerja, dan setelah gak satu tempat kerja lagi, ternyata dia udah punya perusahan sendiri.  Gak pake lama gue lansung ngirim lamaran ke perusahan itu.  

Seminggu kemudian dia ngasih kabar, katanya lamaran gue diterima.  Tentu saja dengan bantuan kakak gue sendiri.  Mungkin setelah dia maksa- maksa kali yah?  Intinya gue dapet kerjaan.  Gue seneng banget denger kabar itu.  Gue jadi bayangin gimana rasanya hari pertama gue kerja ditempat perantauan kayak gini.  Apa gue bisa melewati segala tantangan yanag mungkin menghampiri?  Apa gue bisa cocok dengan temen- temen satu perusahan yang lebih dulu kerja disitu? Apa disitu ada cewek cantik yang bakal jadi calon pacar gue?  Ah, pikiran gue jadi mengawang kemana- mana.

Ternyata sebelum gue sah kerja disitu, gue harus melewati tes pula: Tes terulis dan wawancara.  Tadinya gue pikir gak akan melewati itu semua.  Tapi ternyata udah jadi prosedur perusahan.  Dan gue harus nurut.  Setelah semua itu gue lewati, gue sah kerja disitu.  Dan gue ditempati dibagian…Gudang.  Itu artinya kerjaan gue entar ngangkat setiap ada barang yang masuk dan keluar.  Dan itu semua butuh tenaga yang kuat.  Seketika gue melirik fisik gue sendiri.  Uuuh..kurus kerempeng, tinggal tulang dan dosa doang.  Gue takut semakin kurus dan semakin enggak ganteng.  Gue juga takut sewaktu- waktu tiba- tiba gue diterpa badai, dan telentang jauh.  Serem.
Tapi gue harus semangat, ini satu- satunya kesemptan yang gue punya.  Gue gak boleh sia- siain kesempatan yang baik ini.  

Hari pertama gue kerja disitu rasanya pengin banget teriak 

"Ma, jemput aku disini, aku mau pulang aja"

Yah, kerjaannya bener- bener berat.  Gue juga pernah kerja di kampung tapi gak seberat ini.   Tiba-tiba gue teringat saat dulu waktu masih sekolah, dengan enaknya minta duit sama orang tua.  Padahal cuma mau beli sesuatu yang  sebenarnya hanya untuk senang-senang.  Gue inget dengan arogannya maksa- maksa nyokap kalo gak dikasih duit sebanyak jumlah yang gue minta.  Setelah gue ngerasain sendiri susahnya kerja cuma untuk jumlah yang gak seberapa, gue baru nyadar apa yang gue lakuin dulu ternyata salah.  Seketika gue menetskan air mata.  Kangen sama nyokap dan bokap.

Sore harinya, begitu gue pulang kerja, Eka lansung samperin gue dirumah 

"Udah kerja nih, akhir bulan jangan lupa traktir, yah!"  katanya pelan. Gue senyum- senyum nanggepin omongan dia.  "Oke.." jawab gue singkat.

Keesokannya gue tetep berusaha masuk kerja lagi.  Gue tetep pengin ngelawan semua tantangan itu.  Apalagi kalo keinget pesan Eka yang katanya akhir bulan harus traktir. Gue jadi ngebayangin gimana nanti kalo udah gajian.  Terus gue sama Eka makan berdua disuatu tempat yang roamntis.  Wow..pasti keren banget. Mendadak  gue ngerasa ganteng.

Tapi, tiga hari kemudian gue malah mengundurkan diri.  Gue gak kuat lagi ngangkat barang.  Jadinya, gue cuma dapet duit waktu itu kalo gak salah sekitar  140 ribu.   
Disuatu siang sebelom Eka berangkat kuliah, dia  kaget ngelihat gue duduk depan pintu dengan ditemani gitar.  Seperti yang gue lakuin sebelumnya. 
 
"Loh, kamu gak  pergi kerja hari ini?" Tanya Eka waktu itu
"Anu, Ka.  Udah enggak lagi" jawab gue seadanya
"Gak lagi gimana maksudnya?  Kamu dipecat, yah?" tanyanya makin penasaran
"Anu..mengundurkan diri"
"Mengundurkan diri? Eka semakin mendekat ke arah gue, "Kenapa gitu, ada masalah?" lanjutnya kemudian
"Bukan Ka, bukan.   Anu, udah gak kuat lagi"

Eka ketawa terbahak- bahak denger jawaban gue.  Mungkin gara- gara kata gak kuat lagi kali yah? Padahal menurut gue itu gak lucu. 

"Yah.. gak jadi traktir dong?" katanya lagi.  Kali ini nada suaranya agak lemes
"Jadi, kok.  Nih, duit hasil kerja tiga hari"  kata gue sambil nunjukin duit itu dari dompet.  Tapi, kita makannya yang biasa dipinggir jalan gitu yah!"
“Oke, no problem"

Kita berdua lalu bergegas pergi.  Hari itu gue sama dia jalan sampe sore.  Katanya dosen untuk jadwal perkuliahan hari itu gak masuk, jadi kita berdua jalan keliling kota aja.   Entah ini kebetulan atau emang  udah direncanain sama Tuhan, yang pasti gue seneng banget.
Waktu terus berjalan, dan pak RT juga tetep menjalankan tugasnya dengen baik.   Sementara gue kembali…Nganggur.  Lama- kelamaan gue ngerasa gak enak sama kakak gue sendiri.  Yah, gue cuma jadi beban hidup buat dia.  "Kapan gue bisa mandiri coba?"  Gue berdebat sama diri gue sendiri.  Gue udah gak tau mau kerja dimana lagi. 

Ternyata Tuhan gak tinggal diam, tanpa diduga disuatu sore ada aja temen yang kebetulan sekampung, ngajak gue kerja disawit.  Awalnya sih gue nolak, tapi setelah dipikir- pikir apa salahnya gue coba.  Gue runding sebetar sama kakak gue, lalu akhirnya gue memutuskan saat itu juga gue lansung berangkat kerja di sawit.  Sementara Eka, ah..bentar aja.  Pas gue balik nanti lansung nembak dia.  Kata gue dalem hati.
 
Sore itu gue sama temen- temen sepakat berangkat jam 4.  Ini untuk pertama kalinya gue bekerja disawit.  Gue sama sekali gak bisa menebak entar gue bisa betah ato enggak.  Mudah- mudahan aja gue bisa melewati segala tantangan yang ada.

Singkat cerita gue kerja disawit, dan disana gue  ditempatin dibagian penyemprotan.  Gue  sangat menikmati  pekerjaan itu walaupun setiap hari harus memikul beban di punggung dan beranjak dari pohon sawit yang satu ke sawit yang lain.  Maklum, sebelumnya gue gak pernah bekerja kayak gitu, jadi  gue  ngerasa sedikit berat.  Walopun gitu gue gak menganggap itu  sebagai  salah satu faktor penghalang.  Gue  terus bekerja dengan tekun, apalagi  gue berencana buat  kuliah entar.  Sehingga  salah satu yang harus gue lakukan adalah ngumpulin duit sebanyak yang gue bisa.

Awal- awal gue berada disana, bayang- bayang tetang Eka masih teringat jelas dalem benak.  Gue selalu ingat tiap pagi gue duduk depan rumah, dan dia menyapu halamannya.  Gue selalu ingat saat- saat gue bercanda ria bareng dia.  Dan masih  banyak moment laen yang selalu gue kangenin.  Yah, gue emang kangen EKa.

Gak kerasa udah tiga bulan gue disana.  Duit yang berhasil gue kumpulin udah cukup.  Seenggaknya untuk biaya tahun pertama kuliah gue entar, gue bisa bayar sendiri.  Kalo untuk selanjutnya kebetulan kakak yang cewek bersedia membiayai biaya perkuliahan gue. 
Suatu sore kakak gue yang di Banjarmasin nelpon.  Katanya jadwal pendaftaran untuk mahasiswa baru udah mulai dibuka.  Itu artinya gue harus berhenti kerja. Gue lansung ngomong ke mandor gue tentang berhentinya gue kerja dengan alasan mau kuliah, dan sang mandor lansung setuju.  Gue seneng banget. Setelah semua urusan gue selesai akhirnya gue pamit pulang.  Sebenarnya gue masih kangen sama temen- temen satu tempat kerja gue, tapi gue harus bagaimana lagi.  Gue inget banget sohib yang selalu ada buat gue, Dorteus, nangis saat gue pulang.

Dalam perjalanan, bayang- bayang Eka kembali muncul dalam benak gue.  "Gimana kabar dia sekarang, yah?  Mungkin gak dia inget sama gue."  gue ngomong sendiri. Dulu gue pernah janji sama diri gue sendiri, begitu gue pulang dari sawit gue harus nembak Eka.  Yah, pokoknya harus.  Gue berusaha meyakinkan diri.

Akhirnya gue nyampe di Palangka Raya juga.  Kakak gue shok begitu ngelihat warna kulit gue yang mengalami perubahan yang drastis.  Kalo sebelum ke sawit warna kulit gue item dan sedikit putih. Setelah pulang warnanya berganti jadi item banget dan gak ada putihnya sama sekali.  Nyaris gak bisa dibedain sama joko ireng. Biar terlihat sedikit ganteng, gue cepet- cepet ke salon buat motong rambut, abis itu mandi sebersih- bersihnya.  Niat gue cuma satu: biar Eka terkesima ngelihat gue. 

Setelah urusan penampilan udah beres, gue ngambil gitar lalu duduk depan rumah sambil perhatiin Eka.   Belom berapa lama gue duduk disitu, sosok Eka lansung berada didepan mata.  Gue seneng banget.  Sayangnya, Eka gak sendirian. Dia sama seorang cowok.  Mereka berdua ngobrol sebentar, abis itu tuh cowok  pulang.  Tadinya gue kira Eka akan terkesima ngelihat gue, yang ada malah dia ketawa.

"Ada orang utan masuk kota nih.."  kata dia pas samperin gue
"Hemmmm…" gue senyum-senyum kecut "kamu gimana kabar?" nanya gue
"Baik. Oh yah, itu tadi pacar aku sekarang. Ganteng gak?" lanjut Eka dengan semangatnya
"Oh..” Gue bengong sebentar. " Itu cowok kamu?  ganteng kok.."
"Yah, kami pacaran udah dua bulan terakhir ini"
"Oh..hehe..oh..hehe.." Gue jadi salah tingkah

Gue gagal.  Itu kata yang tepat buat mewakili perasaan gue kala itu.  Gue gak bisa berharap lebih banyak lagi dari Eka.  Semua kenangan dulu yang selau gue bayangin masih berbekas dihati.  Entah sampai kapan. Kalo aja dulu gue lansung nembak dia, mungkin sekarang dia bakal meluk gue karena lama gak ketemu.  Kalo aja dulu gue lansung nembak dia, mungkin cowok yang jadi pacarnya sekarang gak pernah bisa berada disampingnya seperti sekarang ini.  Tapi begitulah, semua udah terlambat. Segala angan yang selau gue harapkan bisa terjadi, hanya bisa terjadi dalam angan gue.  Sebatas angan aja.   Gak pernah jadi kenyataan.  Tapi gak papa, senggaknya gue pernah kenal dia.  Pernah jalan berdua.  Pernah bercanda dan banyak hal lainnya.  Itu sudah cukup, karena mungkin hanya itu yang diijinkan semesta buat gue.
***

Itu sudah berlalu, dan hari ini, tepat tanggal 31 Desember, gue bersama keluarga merayakan tahun baru di Palangka Raya. Mungkinkah malam pergantian tahun entar gue bakal ketemu Eka lagi? mungkinkah kami bakal saling berjabatan tangan? Dan yang terpenting, mungkinkah statusnya sekarang masih berpacaran dengan pacarnya yang dulu yang sempet ketemu sama gue? entahlah.  Yang pasti, sejak pagi tadi gue belom menemukan batang hidungnya.

Seperti yang laen, banyak keluarga berdatangan dari tempatnya masing-masing dan bertemu di Palangka Raya, untuk merayakan tahun baru bersama.  Begitupun keluarga gue.  Sekadar melempiaskan rasa kangen berkumpul karena setelah sekian lama gak bertemu. Dan intinya, gue masih berharap mala m ini gue bisa bertemu sama Eka. 

Seperti biasa, saling berkunjung dari rumah yang satu ke rumah yang laen adalah hal yang wajib dilakukan bagi kami.  Khususnya seluruh keluarga besar gue dari Flores, NTT, dan dimalam pergantian tahun ini kami semua berkumpul.  Sementara didepan rumah, yang tak lain adalah keluarga besarnya Eka dari Batak melakukan hal yang sama. Seperti sudah diisyaratkan, pintu rumah gue sama dan Eka sama-sama terbuka.  Itu adalah keuntungan besar gue, karena itu artinya gue bisa sesekali pantengin Eka lagi ngapain aja.  Gara-gara ini, gue jadi gak betah dalem rumah.  Sebentar-sebentar keluar. Niat gue jelas: pantengin Eka.
 
Waktu terus berjalan, dan sekitar jam sebelas malam, gue mencoba duduk depan rumah.  Sendirian. Gue biarin keluarga tetep sibuk dengan suasana bahagia didalem rumah.  Gue enggak mau diganggu.  Tanpa gue duga, tiba-tiba Eka samperin gue.

"Rob..kamu gimana kabar?" Katanya semangat.  Mungkin karena lama gak ketemu
"Baik, Ka" jawab gue gak kalah semangat

Lalu kami berdua ngomong panjang lebar. Setelah itu, dia masuk ke rumah.  Mungkin mau berkumpul kembali bersama keluarganya. Ternyata dugaan gue salah, bukan itu tujuannya.  Ternyata dia mau ganti pakaian, lalu setelah itu ngajak gue jalan.  Betapa senengnya gue.  Ini yang gue tunggu dari tadi.  Mungkin karena gue ngerasa bahagia, malam itu ujung-ujungnya gue nembak dia.  Dan entah karena punya rasa yang sama, dia lansung mengiyakan.  Dan kita berdua akhirnya resmi jadian.






16 komentar:

  1. aku bener-bener masuk ke dalam cerita... bener-bener menghipnotis.
    kisah cintanya bagus bang. Yang berkesan itu happy endingnya. Beneran tak terduga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bang, ternyata ngalamin juga.
      Makasih udah mampir.

      Hapus
  2. Kapal tilong kabila??? Itu dr daerah gue gorontalo.... :o
    Ooh lo anak flores toh rob, kirain asli kalimantan.
    Cerita ini asli kan? Sangat..sangat menginspirasi gue ttg perjuangan hidup. Bagaimana lo kerja, sampe bisa kuliah. Kereen rob. :)
    Salam ya buat eka,, #ehh
    Hhahaha.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi, itu kapal dari daerah lo. Gue malah baru tau.
      Ya Rick, gue anak Flores dan rantau ke kalimantan

      Menurut lo? Uuuh makasih, udah jadi inspirator lo
      Ok...

      Hapus
  3. Pertama saya salut cepet juga kamu ngerjain projeknya. Keren.
    Alurnya juga bagus kamu bener, rob. Sayang deskripsi tentang Ekanya kurang mendalam cuma sekilas aja. Rambutnya terurai, coba lebih spesifik lagi pasti tambah keren nih cerita. Sama juga pemilihan diksi," singkat cerita" nya terlalu banyak menggunakan itu, bagusnya diminimalisir biar kesannya gak kepengen buru-buru keending. Tapi itu cuma menurut saya sih, sebagai pembaca doang. Tapi secara keseluruhan, menarik.

    Sukses lombanya, kalo menang bagi-bagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...

      Masukannya bermanfaat banget Bay. Makasih.
      Nyelesaiin ini aja, sumpah gue kalang labut.

      Mudah-mudahan ini lolos, biar gue bisa edit.
      Sip.

      Hapus
  4. waaahh ini tantangan nulis kilat yahh.. kamu keren deh bisa nulis sepaanjang ini.. betewe ini ceritanya....cerita tentang kamu yahh.
    .bukan fiksi
    salut daaahhh kamu perjuangan kamu keras kuga mulai dari merantau.cari kerja hingga biayain kuliah sendiri.. sangat.menginspirati. .
    kisahnya sama Eka juga so sweett banget.. main gitar depan rumahnya trus di samperin gitu.. Ekanya ramah yuaaa:-)

    BalasHapus
  5. wah... jadi kamu pertamanya mau nembak Eka tapi dia udah terlanjur jadian sama cowok lain, trs skrg kamu jadian lagi sama Eka? gitu Rob?
    ini cerpen apa pengalaman pribadimu??
    salut ya sama perjuanganmu dapat kerja, walo pertamanya mengundurkan diri gak kuat hehehhe
    untuk kakak perempuanmu baik mau kuliahin kmu

    moga menang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kira-kira gitu Mey, tapi setelah sekian lama dulu.

      Menurut lo?
      Hahaha

      Amin

      Hapus
  6. Aku udah baca dari awal sih. Ceritanya keren. Tapi.. Aku setuju sama bang Bayu, aku kurang bisa membayangkan gimana bentuknya Eka, kalo lebih digambarin gimana orangnya pasti gue juga bakal usaha kerja ke sawit terus jadi makin item terus balik tahun baruan sama keluarga dan jadian sama Eka. *lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih udah mau baca dari awal
      Pokoknya bentuknya sesuaikan dengan imajinasi kamu.

      Hapus
  7. semalam handak umpat jua tapi karena kesibukan (baca: kisahsibuk) lalu kada sawat lagi menulis hhe

    semoga menang yaa, bagain Kalimantan Selatan lewat tulisan, mudahan dibukan Amin.

    sedikit komentar: harusnya ada bahasa daerah walau dikit hhe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seneng karena lo gak ikut, biar saingannya dikit. Haha

      Amin.
      Yah, lupa..

      Hapus
  8. cerita lo bagus, sayangnya cuma satu kali ini gue nggak bisa nyaingin lo. aaakkkkkkkkk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mujinya pake hati gak nih?
      Hahaha..

      Ceritanya gak lolos Mif, belom beruntung gue.

      Hapus

Siapapun boleh komentar di blog gue, yang penting tidak melanggar norma kesopanan