Senin, 18 Maret 2013

Arti Komentar

Sejak gue mulai ngeblog, komentar merupakan suatu energy positif yang sangat gue rindukan.  Yap! komentar sudah jadi idaman setiap blogger.   

Betapapun berartinya sebuah komentar dari pengunjung, yang pasti  itu akan semakin mendorong semangat dari pemilik blog sehingga semakin giat dalam dunia tulis- menulis.

Menurut gue, komentar itu merupakan suatu poin yang mendekati "dasar" bagi seseorang untuk terus  menulis dalam blognya.   Gue yakin, sebagian dari kita semua kalo  dalam blognya gak ada yang berkomentar pasti rasanya gak enak.  Bayangkan, blogger pemula misalnya menulis suatu topik dalam blognya.  Dalam  waktu yang singkat tulisannya tersebut  banyak respon dari pengunjung berupa komentar.  Baik itu saran ataupun kritikan.

Gue jamin, dengan adanya komentar tersebut minat dalam dunia tulis- menulispun semakin meningkat.  Coba kalo gak ada yang komen pasti rasanya ada yang kurang.  Kalo diibaratkan nih yah, rasanya itu kayak lagi ngomong tapi gak ada yang dengerin.  Jadinya ngomong bertepuk sebelah tangan.  Rasanya gak enak, kan?

Menyangkut spam
Dulu, awal-awal gue ngeblog gue menyukai semua komentar yang ada, walopun itu termasuk spam.  Gue menganggapnya sebagai sebuah kado bagi gue yang haus akan dukungan berupa sebuah komentar.  Walopun komentar yang ditulis gak sesuai sama topik yang gue bahas, gak papa.  Anggap aja itu hanya tamu yang numpang lewat depan rumah.  Cukup kedipin mata, udah gitu aja.

Tapi seiring berjalannya waktu, gue mulai kurang suka.  Ingat, cuma "kurang" Artinya rasa suka itu masih ada, cuma bobotnya berkurang.  Gue sama sekali gak benci sama pelaku spam.

Gue masih ingat waktu itu,waktu dimana blog gue sepi gara-gara gak ada yang komen.  Biar kelihatan maco dikit, akhirnya gue komen sendiri.  Dan apa rasanya?  Hambar!!  Kalo gue ingat-ingat lagi kejadian itu, baru gue sadar itu hal terabsurd yang pernah gue lakuin selama ngeblog.

Tapi itu dulu, kawan.  Sekarang, blog gue lumayan rame dicubit- cubit  sama komentar indah dari pengunjung.  Makasih yak.

Saat semangat seseorang lagi down dalam menulis, komentarlah sebagai dewa pendorong semangat bagi orang tersebut untuk kemudian bangkit. Disini fungsi komentar terlaksana dengan indah.

Selain itu, komentar juga bisa mempererat hubungan antara sesama blogger.  Bayangin aja penulis terkenal diluar sana, dulunya blog mereka juga sepi.  Gak ada yang komentar.  Tapi karena mereka mengunjungi blog orang lain, jadinya orang juga bersedia berkunjung.  Dititik ini suatu hubungan mulai dibina.

Lalu, dengan tekad yang kuat tiba- tiba muncul ide buat ngirimin naskah ke penerbit dan saat itu pula ternyata sedang beruntung, hingga naskahnya diterima.

Terus hubungannya sama komentar apa? 
Tentu ada.   Orang yang berkunjung ke blognya tadi yang bersedia menyumbangkan semangat berupa komentar, kemungkinan besar melirik hasil karyanya tersebut.  Dan besar kemungkinan, dia bersedia membeli karyanya itu.
 "Percayalah, terkadang orang gak peduli seberapa bagus  sebuah karya, tetapi niat membeli itu muncul ketika menyadari bahwa penulisnya  telah melakukan sesuatu buat kita"

Malakukan sesuatu disini gak harus memberikan uang tunai atau  menjajikan sesuatu yang istimewa. Tetapi cukup  dengan sebuah dukungan positif, itu akan sangat berarti bagi sebagian orang.
Disinilah sang penulis tersebut merenung kembali saat-saat dulu dia berkunjung ke blog lain.  Gue yakin, dalam hati kecilnya pasti ngomong kayak gini
"Ternyata gak sia-sia membina hubungan sesama blogger"
Itulah manfaat terbesar dari sebuah komentar, kawan.  Gue sadar,  mungkin omongan gue terlalu jauh, sampe ngehubungin dengan pengiriman naskah segala.  Tapi bukan tanpa alasan gue ngelakuin itu semua.  Karena gue tau, kita semua punya mimpi suatu saat akan merubah bentuk tulisan dalam blog kita menjadi sebuah buku.  Bener, gak?  

Percayalah, mungkin sekarang kita belom ada niat sampe kesana, tapi jangan menganggap remeh sama yang namanya "perubahan pola pikir"  Bisa saja suatu saat kita bakal ngelakuin itu.  So, mulai sekarang, mari kita tingkatkan budaya saling berkomentar antara sesama blogger.

Sekian dari gue.


49 komentar:

  1. setuju banget gue sama tulisan lo soal komentar ini bang. gue juga gitu, awal ngeblog dulu biarpun ada komen yang masuk spam tetp gue publis loh. biar gaul heheeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti kita sama Yam, tos dulu..
      Hehehe

      Hapus
    2. Sampai sekarang kalau ada spam gw tetep publish kok. haha asal spamnya ga kebangetan :3

      Hapus
    3. Sama..
      Kalo gue kebangetan juga gak papa,haha

      Hapus
  2. Sangat bener dan real banget ini rob, jadi ganteng dah elu :D

    arti sebuah komentar itu hmm... GEEEEDE dan BERARTI BANGET buat seorang blogger. Walaupun, komentarnya hanya sekedar kata pendek misalnya "Postingan Menarik" tapi itu udah bikin seneng banget hehe *curhatdalem*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank's bray, dari dulu juga ganteng kok,haha*Malu mandang muka

      Betul..betul..

      Hapus
  3. wah kayaknya dulu elu penggila banyak komen kayak penjual jamu ya hahaha, tapi skg elu anti SPAM, gimana kalo gua komen,

    SPAM

    SPAM

    SPAM

    SPAM

    SPAM

    SPAM

    hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah Nem,.

      Gue gak anti spam Nem,.

      Parah lo..

      Hapus
  4. bener, nggak sia-sia emang berhubungan sama blogger lain. nggak ada ruginya, bahkan banyak manfaatnya

    BalasHapus
  5. Saya gak butuh komentar buat semangat ngeblog
    (Said no blogger ever). Ihik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada blogger yang nulis gitu mah uah kemungkinan besar bohong. Haha.
      Komentar udah kayak pupuk buat para blogger...

      Hapus
  6. Wah kalau begitu saya SPAM dimari ya. Maaf cuma berkedip mata doank sambil lewat. hehehe.

    Salam kenal robi gue setuju dengan tulisan yang diatas, Mantab

    BalasHapus
  7. Smoga semangat selalu nulis blog apapun komentarnya :D

    BalasHapus
  8. Gue setuju Bang. Nice post :)

    BalasHapus
  9. komentar itu memang ibaratnya energi positif buat terus eksis nulis di blog sob...

    BalasHapus
  10. gua juga gitu, dulu pas awal2 dapet komentar meskipun spam ya tetep gua publish hhehehe

    BalasHapus
  11. Setujuuu! dan jadi bahan pertimbangan juga sih, masukan. kalau ada genre postingan tertentu yg komentarnya sedikit, itu tandanya antara tulisan ga bagus, atau memang ga dinikmati kan? makanya komentar itu sebenarnya cerminan hasil karya kita juga sih. hehhehe

    (btw maaachihh yaa udah sering komentar di blog gue ;))

    BalasHapus
  12. kalau memberi komentar nih ya bro kalau gw..
    biasanya gw khususkan pada topik yang memancing diskusi, kalau ane nulis pengalaman atau yang personal.. ya gpp sih gak di kasih komentar. Biasanya ane senang kalau share masalah tuts yang belum pernah di tulis menjadi diskusi yang tak berujung..
    oh iya, malasnya orang memberi komentar sebenarnya karena masalah waktu aja sih, dulu pas main di warnet ane komen sekenanya, sekarang mah saya baca dulu.. kalau menarik kasih komen, kalau gak ya jadi silent reader aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitu juga boleh,.

      Ya juga sih Sob, saling memahami aja.

      Hapus
    2. ini gue setuju bgt sama komen diatas nus. yg buat males komen itu kadang karna emang ga ada waktu luang. luang maksud gue disini adalah otak yg masih dipenuhi tugas2 :|

      Hapus
    3. Yah Yog, gue selalu memahami alasan kayak gitu kok :))

      Hapus
  13. komentar di blog bisa bikin kita semangat buat ngeblog..asal bukan komentar SPAM lho ya..justru itu bikin BT

    BalasHapus
  14. yoi rob.. komentar di blog itu sangat berarti, even yg OOT sekalipun loh.. bahkan hasil dari komen OOT, saya dan teman2 blogger lintas pulau membuat rekening amal :')

    BalasHapus
  15. ayo semngat, ya komentar emang penting, kayak kasus yg elu bilang, berarti peran komentator itu penting banget ya, kayak kontes nyanyi gtu, pasti ada yg komentar biar lebih bagus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nih udah semangat,betul Va, sangat penting malah :)

      Hapus
  16. Lumayan kan SPAM juga nambah jumlah kome.. Biar keluatan lebih gaullll geetoohh... Hahaha..

    Biar Obat bisul juga..haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah nambah jumlah komen,

      Lu pernah pake buat obatin bisul yah? Kapan?

      Hapus
  17. Komentar emang bisa ningkatin mood nulis secara cepat.

    BalasHapus
  18. aduh, itu beneran ampe dikomen sendiri? 0.o
    sedih amat bacanya... :p

    komentar yg niat sampai ada kritik saran itu bisa bikin terharu juga, habis baca pasti rasanya pengin bikin post yg lebih bagus lagi... :)

    semangat untuk tetap blogging! :D

    BalasHapus
  19. gue kalo buka blog yang dicek pertama pasti komentarnya haha
    komentar emang unsur yang penting banget.
    thanks bang udah ikutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha sama bang, gue juga

      Sip..sip.

      Hapus

Siapapun boleh komentar di blog gue, yang penting tidak melanggar norma kesopanan